Blog

Artikel Berita Info Uncategorized

5 Cara melestarikan hutan

Hutan ialah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida. Dengan adanya hutan, dapat mencegah hal-hal atau bencana yang tidak diinginkan oleh makhluk hidup, seperti longsor dan  penyebab banjir. Dengan adanya hutan pula, dapat digunakan sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup dan sumber daya alam yang sangat berguna. Selain itu hutan juga merupakan paru-paru dunia yang dapat menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan dimuka bumi ini.

Manfaat hutan 

    Apa saja sih manfaat hutan  itu? Mari kita kupas satu persatu di sini apa saja manfaat hutan dalam kehidupan, fungsi hutan dalam membantu manusia  dan makhluk hidup di bumi untuk bernafas, Selain itu, hutan juga berfungsi sebagai habitat bagi flora dan fauna, karena dengan adanya hutan flora dan fauna yang ada di dunia ini dapat hidup dan mengembangbiakkan habitat mereka. Hutan juga  menyediakan sumber obat-obatan (ranting nya kayu putih bisa dibuat minyak kayu putih, daun sirih bisa menurunkan gula darah dan masih banyak lagi), hutan juga kita dapat kelola menjadi kertas dan hutan juga dapat mencegah tanah longsor, banjir dll. Masih kah  kita mau merusak pohon-pohon atau tanaman yang ada di sekitar kita? Sangat berpengaruh dengan keselamatan bumi, marilah kita jaga bumi ini. Berikut ini bagaimana untuk menjaga dan melestarikan hutan yang ada di bumi:

1.Melakukan Reboisasi

    Reboisasi adalah sebuah kegiatan yang melakukan penanaman hutan yang telah ditebang. Tujuan reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara.

2.Melaksanakan Sistem Tebang Pilih

Tebang pilih adalah sebuah kegiatan yang mengatur yang terbaik dan membiarkan yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa salah satu manfaat hutan bagi manusia adalah sumber ekonomi, yakni dari pohon-pohon hutan tersebut. meskipun begitu, banyak manusia yang sembarangan menebang demi faktor ekonomi mereka, sehingga tidak adanya sistem tebang pilih. Dengan adanya sistem tebang pilih ini, akan dapat mengurangi dampak penebangan hutan secara liar dan dalam jumlah besar-besaran. Selain itu,tem ini juga berguna untuk masyarakat agar tidak sembarang dalam melakukan penebangan hutan.

3.Mengurangi penggunaan kertas berlebih

Kertas yang dibuat di pabrik-pabirk sangat perlu diperhatikan dalam jumlah yang di perlukan dan tidak dihambur-hamburkan atau berlebih karena akan mempercepat proses terjadinya efek rumah kaca. Dengan menekan produksi penggunaan kertas yang berasal dari pepohonan hutan, hutan akan menjadi tetap terjaga kelestariaannya dan menekan pula proses penebangan hutan secara berlebih. kita juga bisa menggunakan teknologi yang ada contoh kita tidak perlu untuk menyimpan data di kertas pastinya akan menghabiskan banyak kertas sekarang kita bisa simpan dokumen secara digital dan kita juga bisa gunakan sistem  persuratan digital tidak perlu juga kita capek-capek ke kantor pos untuk mengirim nya surat ataupun dokumen ke tempat yang mau tuju.

4.Melindungi dan menjaga habitat yang ada di hutan

Keberadaan mahkluk hidup di hutan sangatlah di pentingkan dan perlu juga untuk dilindungi. Hal ini di perlukan karena keberadaan mahluk hidup ini perlu di jaga agar tidak mengalami kepunahan yang di sebabkan kebakaran hutan maupun penebangan hutan secara sembarangan yang telah banyak di lakukan oleh manusia demi kepentingan pribadi mereka. Kepedulian harus di terapkan oleh manusia saat ini, karena sudah banyak flora dan fauna di dunia ini yang semakin punah dan terganggu lingkungan dan keberadaanya akibat dari ulah manusia sehingga kita haru memiliki cara melestarikan flora dan fauna.

5.Tidak membuang sampah sembarangan di hutan

    Sampah merupakan barang yang sudah tidak di pakai lagi atau  material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.

 Akibat kita buang sampah sembarangan Nyamuk demam berdarah sering berkembang biak di genangan air pada sampah yang dibuang sembarangan. Kualitas air menjadi buruk karena kita membuang sampah sembarangan, terutama di sungai. Akibatnya terjadi pencemaran air.

    Selain merusak pemandangan, kebiasaan buang sampah sembarangan dapat menimbulkan penyakit. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, dampak buruknya akan lebih luas lagi, yaitu penurunan kualitas hidup manusia.

Maka dari itu, sangat di harapkan sekali masyarakat untuk mengetahui cara-cara melestarikan hutan yang sebenarnya untuk menjaga hutana agar lebih bersih, indah dan nyaman. Namun, tidak hanya untuk mengetahui saja, akan tetapi, di perlukan juga aksi atau tindak lanjut yang dilakukan untuk melestarikan hutan dan jenis jenis sumber daya alam alam lainnya. Hal ini bukan hanya untuk menyadari masyarakat saja, akan tetapi bagi pemerintah yang sedang bermalas-malasan atau tidak mau peduli sama ligkungan. Pemerintah harus memperdulikan keberadaan masyarakat saat ini akibat bencana yang dialami di mana-mana. Pemerintah juga harus ikut turun tangan dalam melestarikan hutan yang ada di negara ini. Akibat bencana yang terjadi pula, bukan hanya dari masyarakat saja, namun dari pemerintah juga yang melakukan hal pribadi dan kepentingan mereka untuk ranah dalam sektor ekonomi tanpa berfikir dampak yang akan terjdi akibat tingkah laku pemerintah saat ini.

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami