fbpx

Blog

hutan
Artikel Tips & Trik

5 Cara Melestarikan Hutan

Hutan ialah sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbondioksida. Hutan dapat mencegah bencana seperti longsor dan banjir. Hutan juga bermanfaat sebagai penghasil kayu yang dapat digunakan untuk bahan baku pembuatan kertas. Selain itu hutan juga merupakan paru-paru dunia yang dapat menyerap karbondioksida dan menyediakan oksigen bagi kehidupan makhluk hidu di muka bumi.

Banyaknya manfaat hutan bagi kehidupan makhluk hidup mengharuskan kita ikut menjaga dan melestarikan hutan, seperti:

1. Melakukan Reboisasi

Reboisasi merupakan kegiatan penanaman hutan yang telah ditebang maupun tandus. Tujuan reboisasi berguna untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia dengan menyerap polusi dan debu dari udara, membangun kembali habitat dan ekosistem alam, mencegah pemanasan global dengan menangkap karbon dioksida dari udara.

2. Melaksanakan Sistem Tebang Pilih

Tebang pilih adalah sebuah kegiatan mengatur yang terbaik dan membiarkan yang lainnya. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa salah satu manfaat hutan bagi manusia adalah sumber ekonomi, yakni dari pohon-pohon dari hutan tersebut. Sayangnya, banyak manusia yang sembarangan menebang pohon demi faktor ekonomi saja tanpa memperhatikan dampak yang terjadi karena tidak menggunakan sistem tebang pilih.

3. Melindungi dan Menjaga Habitat Makhluk Hidup di Hutan

Hutan merupakan tempat tinggal flora dan fauna. Beberapa di antaranya mengalami kepunahan karena diburu manusia dan kebakaran hutan. Selain memerangi perburuan, kita juga harus menyadarkan masyarakat agar peduli untuk melindungi ekosistem yang telah ada.

Baca juga: Kenali Gejala Corona sebagai Perlindungan Diri dan Keluarga

4. Tidak Membuang Sampah Sembarangan di Hutan

Kebiasaan buruk membuang sampah rumah tangga masih saja dilakukan oleh banyak masyarakat yang tinggal di sekitar hutan. Padahal sudah ada larangan dan himbauan dari pemerintah setempat.

Sampah rumah tangga biasanya didominasi sampah plastik tentu sulit terurai dan akan menyebabkan tercemarnya hutan. Semakin lama, tanah akan tertutupi oleh sampah sehingga pohon akan sulit mendapatkan resapan air hujan. Pada akhirnya pertumbuhan pohon di hutan akan berkurang.

5. Mengurangi Penggunaan Kertas Berlebih

Kertas yang dibuat oleh pabrik-pabrik perlu diperhatikan jumlahnya agar memperlambat proses penebangan pohon di hutan. Kita juga bisa menggunakan teknologi yang telah ada seperti aplikasi penyimpanan dokumen secara digital seperti Simara sehingga kita tidak perlu menggunakan banyak kertas.

Baca juga: Tidak Bias, Ini Perbedaan UI/UX Designer

Melestarikan hutan tidak akan berhasil hanya dengan pengetahuan saja, akan tetapi diperlukan juga aksi nyata. Perlu kebijakan yang lebih tegas terkait pembuangan sampah, perburuan flora-fauna, dan penebangan pohon di hutan. Kalau diperlukan, beri sanksi agar masyarakat tidak mengulangi merusak kelestarian hutan.

Sumber: Simara | Pixabay

Bagikan artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami