Blog

Artikel Teknologi

7 Aplikasi Android Penunjang Performa Bisnis

Kemajuan teknologi memberi kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk dalam sektor bisnis. Salah satu buktinya adalah keberadaan begitu banyak aplikasi Android yang khusus didesain agar mampu mendongkrak performa bisnis perusahaan. Anda pun dapat menjumpai aplikasi-aplikasi tersebut lewat Google Play Store.

Hal yang lebih menarik lagi, keberadaan aplikasi Android untuk bisnis dapat dimanfaatkan tanpa perlu melakukan pembayaran alias gratis. Dengan skema pemakaian seperti itu, perusahaan dapat meningkatkan performa usaha tanpa harus membebani pengeluaran. Sangat menguntungkan, bukan?

Bagi Anda para pebisnis yang ingin merasakan manfaat dalam upaya meningkatkan performa usaha dengan biaya minim, berikut ini 7 aplikasi yang bisa dimanfaatkan:

1. Evernote

Evernote merupakan salah satu aplikasi yang populer di kalangan pebisnis. Fungsi utama dari aplikasi Evernote adalah sebagai sarana pencatat. Kegunaan tersebut kemudian dapat Anda manfaatkan untuk memastikan bahwa setiap catatan terorganisasi dengan baik.

Aplikasi Evernote dapat Anda manfaatkan untuk mencatat berbagai informasi penting. Sebagai contoh, menulis reminder, daftar tugas yang wajib dikerjakan, ataupun menuliskan ide yang terkadang muncul secara tiba-tiba. Selain tersedia di perangkat Android, Evernote juga dapat dipakai pada perangkat Windows, Mac, dan iOS.

2. Google Task

google task
source: Google Play Store

Aplikasi Android selanjutnya yang sangat membantu kinerja pebisnis adalah Google Task. Perangkat lunak ini memiliki fungsi yang sederhana, yakni sebagai pencatat to-do list, tak jauh berbeda dibandingkan Evernote. Dengan adanya aplikasi ini, Anda dapat mengetahui prioritas proyek atau tugas yang lebih utama.

Cara penggunaan aplikasi Google Task cukup mudah. Apalagi, layanan pencatatan to-do list aplikasi Google ini juga telah terintegrasi dengan Gmail serta Google Calendar. Sebagai tambahan, aplikasi ini juga disertai adanya notifikasi reminder untuk memastikan bahwa tugas yang telah dicatat dapat diselesaikan sesuai deadline.

3. Xmind: Mind Mapping

profio-aplikasi-xmind
source: Google Play Store

Selanjutnya, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi yang dikenal dengan nama Xmind: Mind Mapping. Aplikasi ini dapat Anda download secara gratis di Google Play Store ataupun App Store. Penggunaan aplikasi Xmind: Mind Mapping berperan penting untuk upaya brainstorming ide yang bakal sangat berguna ketika meeting bersama tim.

Cara melakukan mind mapping dengan aplikasi Xmind juga sangat mudah. Apalagi, di dalamnya terdapat berbagai template menarik yang dapat secara langsung digunakan. Selain dapat digunakan untuk sarana brainstorming, Xmind juga bermanfaat ketika dipakai menyusun jadwal harian, flowchart, dan sebagainya.

4. Cam Scanner

profio-aplikasi-camscanner
source: Google Play Store

Keberadaan aplikasi Android bernama Cam Scanner juga dapat berguna meningkatkan performa bisnis para pengusaha. Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam mengubah jepretan gambar menjadi file dokumen. Fasilitas ini kemudian dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan berkas secara cepat dan praktis.

Melalui aplikasi Cam Scanner, Anda dapat mengubah kamera ponsel Android menjadi mesin pemindai. Dari hasil pemindaian, Anda dapat menghapus latar belakang dan menyimpannya dalam bentuk JPEG ataupun PDF. Selain itu, aplikasi Cam Scanner juga disertai kemampuan dalam mengubah gambar menjadi file teks.

Tidak hanya itu, Cam Scanner juga memberi kemudahan dalam upaya pengiriman dokumen hasil pemindaian. Anda dapat berbagi berkas melalui email ataupun tautan langsung. Selain itu, Cam Scanner juga sudah mendukung penggunaan layanan print secara nirkabel.

5. Google My Business

profio-aplikasi-google-bisnis
source: Google Play Store

Adanya aplikasi Google My Business juga menjadi sarana untuk meningkatkan perkembangan usaha. Berkat pemakaian aplikasi Android ini, Anda dapat memasukkan bisnis dalam hasil pencarian di mesin pencari Google ataupun Google Maps.

Tak cukup sampai di situ, Google My Business juga bisa Anda lengkapi dengan informasi profil secara detail. Pemakaian aplikasi ini juga dapat mendorong adanya interaksi dengan calon pelanggan. Apalagi, kalau Anda telah membangun website, menyediakan nomor telepon, ataupun mencantumkan alamat lengkap. 

6. Google Drive

profio-aplikasi-googledrive
source: Google Play Store

Sarana penyimpanan berbasis cloud saat ini menjadi fasilitas wajib para pebisnis. Untungnya, Anda dapat memperoleh layanan penyimpanan gratis dari Google lewat keberadaan aplikasi Google Drive. Dengan penggunaan aplikasi ini, Anda punya akses penyimpanan cukup besar, mencapai 15 GB secara gratis.

Aplikasi Google Drive dapat Anda manfaatkan dalam berbagai cara. Untuk penggunaan sederhana, Google Drive dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data dan mengaksesnya dari mana saja. Selain itu, Google Drive juga memungkinkan Anda untuk melakukan kolaborasi dengan pengguna lain, termasuk karyawan dan klien. Google Drive pun sudah mendukung fitur untuk membaca dan membuat berbagai file office yang sering digunakan, seperti google sheet, google docs, google slides, dan banyak fitur lain. 

7. Slack

profio-aplikasi-slack
source: Google Play Store

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan keberadaan aplikasi Slack. Aplikasi ini memiliki fungsi dalam mendorong adanya kolaborasi antara masing-masing karyawan dalam sebuah perusahaan. Berkat adanya Slack, Anda dapat melakukan komunikasi bersama dengan beberapa orang sekaligus dalam satu ruang virtual.

Aplikasi Slack secara khusus bakal sangat bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki karyawan dari berbagai lokasi. Selain itu, penggunaannya juga begitu efektif saat gencar melakukan work from home ditengah pandemi corona seperti awal tahun 2020 ini. Lewat aplikasi ini, pekerjaan remote dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

Itulah 7 aplikasi Android yang dapat Anda download secara gratis di google playstore untuk dimanfaatkan sebagai sarana meningkatkan efektivitas dan efisiensi bisnis. Namun anda tidak perlu berkecil hati jika anda memiliki sebuah ekspektasi lebih atas kebutuhan peningkatan bisnis,  anda bisa berkonsultasi secara gratis juga kepada kami, karena kami juga memiliki layanan pembuatan aplikasi android yang dapat dibuat secara custom atau secara khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan di internal bisnis anda. Semoga bermanfaat!

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami