Blog

Artikel Teknologi

7 Contoh Aplikasi Pemerintahan yang Sukses Membantu Kelancaran Layanan Kepada Masyarakat

Pemerintah memiliki tugas utama dalam menyediakan pelayanan kepada masyarakat. Sebagai upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemberian layanan, pemerintah pun perlu memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah dengan menghadirkan aplikasi pemerintahan yang dapat di-download secara mudah dan praktis.

Penggunaan aplikasi pemerintahan pun sudah menjadi hal yang jamak terjadi di berbagai negara. Fungsi aplikasi tersebut pun beragam, seperti upaya meningkatkan pelayanan, mempermudah aktivitas sehari-hari masyarakat, dan lain sebagainya. Keberadaannya pun memberi kemudahan di tengah tingginya kesibukan akibat pekerjaan.

Hanya saja, aplikasi yang dirilis oleh pemerintah kerap mendapat tanggapan negatif dari masyarakat luas. Alasannya cukup beragam, mulai dari fitur tidak lengkap, kinerja aplikasi tidak maksimal, sering munculnya permasalahan aplikasi stuck di tengah penggunaan, hingga minimnya penindakan lebih lanjut.

Namun, apakah semua aplikasi pemerintahan merupakan perangkat lunak tak berguna dan jarang digunakan oleh masyarakat? Jawabannya, tidak selalu seperti itu. Ada pula beberapa aplikasi hasil pengembangan pemerintah yang ternyata memperoleh sambutan positif dari masyarakat.

Dari sekian banyak aplikasi milik pemerintah, berikut ini adalah 7 perangkat lunak yang terbilang sukses dan mendapatkan reaksi positif dari para penggunanya:

1. Gov2Go

source: Google Images

Aplikasi pemerintahan pertama yang meraih sukses besar dan manfaatnya dirasakan oleh para penggunanya adalah Gov2Go. Aplikasi ini dibangun oleh NIC Amerika Serikat dengan berbagai fitur. Penggunanya pun dapat memanfaatkan Gov2Go layaknya sebagai aplikasi asisten personal untuk layanan pemerintah.

Kegunaannya pun sangat beragam. Aplikasi ini bisa memberi peringatan deadline pembayaran pajak properti, pajak kendaraan, ataupun registrasi voter. Bahkan, pada masa pemilihan umum di Amerika Serikat, Gov2Go membantu penggunanya dalam mengingat lokasi dan waktu pemungutan suara.

2. VoiceMap HK

source: Google Play Store

Aplikasi peta memang sudah tersedia dalam berbagai bentuk di App Store Apple ataupun Google Play Store. Namun, Pemerintah Hongkong punya aplikasi navigasi bernama VoiceMap HK, khusus ditujukan bagi masyarakat tunanetra.

Sebagai aplikasi yang ditujukan untuk tunanetra, VoiceMap HK bekerja dengan menginformasikan lokasi memakai suara. Fungsinya pun menarik, dapat digunakan untuk mengetahui lokasi, layanan transportasi terdekat, ataupun bangunan penting.

Namun, aplikasi ini cuma tersedia bagi para pengguna iOS. Pengguna VoiceMap HK dapat memilih panduan suara dalam dua pilihan bahasa pengantar, yakni bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

3. The Noise App

source: Google Image

Selanjutnya, ada pula aplikasi bernama The Noise App. Fungsinya adalah untuk melaporkan ketika ada gangguan keributan suara yang terjadi di tempat umum. Cara penggunaannya sederhana, cukup dengan merekam suara keributan dan mengirimkannya lewat aplikasi.

Hanya saja, kualitas suara rekaman memiliki ketergantungan pada jenis smartphone yang digunakan. Ketika perekaman dilakukan dengan memakai smartphone low end, kemungkinan besar hasilnya tidak sesuai standar. Namun, lain halnya kalau rekaman suara dilakukan dengan memakai smartphone bagus.

4. Japan Official Travel App

souce: Google Play Store

Bagi wisatawan yang ingin bepergian ke Jepang, terdapat aplikasi pemerintahan bernama Japan Official Travel App yang memiliki manfaat berharga. Di sini, Anda dapat menjumpai adanya konten terkait panduan wisata serta layanan navigasi transportasi umum di Jepang. Tak ketinggalan, di dalamnya juga terdapat info tentang lokasi hotspot WiFi gratis terdekat, rumah sakit, ataupun pusat informasi wisatawan.

5. PIKOBAR

source: Google Play Store

Aplikasi PIKOBAR merupakan kependekan dari Pusat Informasi dan Koordinasi Wabah Penyakit dan Bencana Jawa Barat. Aplikasi ini dikembangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai sumber komunikasi dan informasi bagi masyarakat Jawa Barat ketika berada dalam masa bencana atau pandemi, seperti ketika pandemi Covid-19.

Melalui PIKOBAR, pengguna aplikasi dapat mendaftar sebagai relawan dan berpartisipasi melakukan penanggulangan bencana. Selain itu, PIKOBAR juga menyajikan data visual terkait penanganan bencana atau penyebaran penyakit di wilayah Jawa Barat. Tak ketinggalan, pengguna aplikasi dapat pula melaporkan hoax lewat PIKOBAR.

6. Info BMKG

Souce: Google Play Store

Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG) Indonesia punya pula aplikasi mobile yang bermanfaat dan memiliki kinerja bagus, yakni Info BMKG. Melalui penggunaan Info BMKG, Anda bisa memperoleh berbagai informasi bermanfaat, termasuk di antaranya adalah prakiraan cuaca, kualitas udara, peta iklim, info gempa bumi, ataupun siaran pers resmi BMKG.

7. SGSecure

source: Google Play

Terakhir, ada pula aplikasi pemerintahan bernama SGSecure dari Pemerintah Singapura. Aplikasi ini menjadi langkah untuk mendorong masyarakat Singapura dalam upaya menjaga keamanan dari serangan teroris. Melalui aplikasi SGSecure, masyarakat dapat melakukan pelaporan ketika mendapati tindakan mencurigakan di sekitar tempat tinggal.

Fitur yang bisa ditemukan pada aplikasi SGSecure cukup beragam. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan, foto, ataupun video sebagai bukti ketika mendapati adanya aktivitas mencurigakan. Selain itu, SGSecure dapat pula dimanfaatkan sebagai sarana memperoleh bantuan dari pemerintah ketika berada dalam situasi berbahaya.

Nah, itulah 7 aplikasi pemerintahan yang terbukti memiliki manfaat berguna dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Aplikasi tersebut juga cukup andal dan tidak membuat penggunanya mengalami kerepotan.

Sumber Foto: Pixabay

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami