fbpx

Blog

Artikel Info

Apple iOS 15 Segera Hadir. Apa Saja Fitur Terbarunya?

Apple secara resmi mengumumkan perilisan iOS 15 di acara WWDC (Worldwide Developer Conference) 2021. iOS dikenal sebagai sistem operasi besutan Apple yang dirancang untuk perangkat kerasnya. Selain memiliki banyak fitur menarik, keamanan data iOS sangat terjaga. Inilah yang menjadi salah satu alasan produk Apple laku keras di pasaran.

Sebelum versi beta tersedia untuk pengguna di bulan Juli, sistem operasi terbaru ini sudah tersedia sejak awal bulan Juni yang hanya dapat dinikmati oleh developer. Sementara versi final rencananya akan dirilis pada bulan September mendatang. Perangkat yang mendapat pembaruan sistem operasi ini tak berbeda jauh dengan iOS 14, yakni iPhone SE generasi 1 dan 2, iPod touch generasi 7, dan iPhone 6s ke atas.

Sederet Fitur iOS 15

iOS terbaru dilengkapi beragam fitur menarik yang diklaim mampu membantu pengguna terhubung dengan keluarga, teman, maupun kolega dengan lebih praktis kapan saja dan di mana saja. Menariknya, iOS terbaru juga memungkinkan Anda menjelajahi dunia, menikmati pengalaman baru, dan memanfaatkan kecerdasan canggih untuk beraktivitas. Adapun beberapa fitur menarik yang dapat Anda nikmati pada sistem operasi Apple terbaru, antara lain sebagai berikut.

FaceTime

FaceTime di iOS terbaru memiliki tampilan grid berukuran sama dengan fitur sorot otomatis. Ketika pengguna melakukan panggilan grup, orang yang tengah berbicara akan tersorot sehingga lebih mudah dikenali. Alhasil, percakapan bersama grup menjadi sangat menyenangkan.    

Apple juga menghadirkan fitur SharePlay yang memungkinkan pengguna tetap terhubung dengan kontak dan berbagi kesenangan, mulai dari menonton film, berbagi layar, hingga mendengarkan musik bersama tanpa harus mematikan panggilan. Tak perlu cemas dengan suara bising di sekitar Anda karena fitur Audio Spasial mampu meredam suara sehingga perbincangan lebih menyenangkan.

Anda bisa mengajak teman, baik sesama pengguna Apple maupun Android dan Windows untuk melakukan obrolan melalui FaceTimelink. Berkat enskripsi menyeluruh, panggilan dan privasi Anda akan tetap aman. Menariknya, kehadiran mode potret yang terinsipirasi efek kamera membuat fokus video hanya tertuju pada Anda, bukan hal lain di sekitar Anda.

Pesan & Memoji

Fitur Shared With You pada iOS 15 memungkinkan pengguna menampilkan gambar, video, atau membuka tautan yang dibagikan tanpa harus kembali ke pesan. Hal ini juga berlaku untuk konten yang dibagikan melalui aplikasi foto, Apple Music, Apple TV, Apple Podcast, dan  Safari.

Stiker baru pada Memoji memudahkan pengguna mengekspresikan diri sesuai kepribadian. Anda bisa memilih gaya, aksesoris kepala, pelindung kepala, hingga implant koklea dan kanula hidung. Luar biasa, bukan?

Fokus

iOS terbaru memudahkan Anda melakukan kontrol dengan cara memprioritaskan waktu dan pusat perhatian. Tersedia sejumlah mode yang bisa diatur sesuai situasi, seperti mode berkendara yang dikonfigurasi saat Anda tengah menyetir atau mode kebugaran yang dikonfigurasi ketika Anda berada di gym. Nantinya, status Fokus Anda akan ditampilkan melalui pesan secara otomatis. Berkat fitur ini, Anda bisa menemukan keseimbangan dalam hidup dan tetap fokus pada hal yang tengah dilakukan.

Baca juga: Ketahui Fitur Terbaru dari Windows 11

Pemberitahuan

Notifikasi akan menampilkan ringkasan pemberitahuan yang menggabungkan seluruh item penting menjadi satu pesan sesuai prioritas.

Dompet

Dompet tidak hanya berfungsi sebagai identifikasi digital di bandara, melainkan juga bisa digunakan untuk membuka rumah, kamar hotel, garasi, dan kantor.

Maps & Weather

Maps pada iOS terbaru bukan sekadar penunjuk arah. Anda bisa menikmati pengalaman menjelajahi destinasi menarik dalam mode siang maupun gelap dengan detail yang mengagumkan dalam tampilan 3D. Pembaruan ini juga memudahkan Anda mencari jalan alternatif atau mengecek kondisi lalu lintas terkini. Sementara fitur Weather tampil dengan desain baru yang dilengkapi animasi latar belakang dan peta beresolusi tinggi.

Live Text

Live Text dirancang untuk mengenali karakter optik otomatis yang berasal dari aplikasi Kamera. Cukup dengan mengarahkan kamera ponsel ke objek gambar atau teks yang ingin Anda pilih, salin, atau simpan ke tempat lain. Live Text akan memindai secara cepat dan praktis. Termasuk gambar web atau foto yang diambil sebelumnya. Selain mendukung tujuh bahasa, fitur ini juga dapat mengenali objek berupa pemandangan atau lainnya.

Photos

Fitur Photos terbaru memungkinkan Anda menambahkan lagu yang diambil dari Apple Music untuk membuat slide foto lebih menarik. Sementara Memory Mixes dapat Anda gunakan untuk menghasilkan dan mengedit Memori dengan berbagai cara.

Privasi

iOS terbaru memberikan lebih banyak kontrol privasi yang akan melindungi informasi Anda, mulai dari pengenalan suara, perlindungan email, hingga laporan akses ke galeri, kamera, kontak, lokasi, dan mikrofon.

Demikianlah sejumlah update iOS 15 yang perlu Anda ketahui. Mengingat versi final iOS terbaru belum dirilis secara resmi, melakukan update versi beta bisa menyebabkan ponsel mengalami penurunan performa. Risiko kemunculan bug juga tergolong tinggi.

Image by 3D Animation Production Company from Pixabay

Bagikan artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami