fbpx

Blog

Artikel Info

Jenis-Jenis Website yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat berbagai jenis website di internet yang dibedakan dalam beberapa kategori, yaitu berdasarkan sifat dan platform yang digunakan. Sebelumnya, yuk pahami apa itu website.

Apa Itu Website?

Secara terminologi website adalah kumpulan halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya ada di dalam World Wide Web atau sering kita sebut WWW di Internet. Sebagai contoh untuk alamat website simara adalah simara.id.

Setiap halaman dari sebuah website (web page) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” (root), yang selanjutnya disebut homepage (beranda). URL ini berfungsi untuk mengatur web page menjadi sebuah hirarki.

Berbagai Macam Jenis Website

Ada beberapa macam jenis website. Di sini kami akan menjelaskan mengenai jenis website berdasarkan sifatnya:

1. Website Statis

Sederhananya, website statis bisa didefinisikan sebagai website yang kontennya konstan dan tidak berubah. Untuk mengubahnya kita perlu merubah source-script-nya (coding). Setiap halaman yang dibuat dengan kode HTML digunakan untuk menampilkan informasi yang sama kepada setiap pengunjung. Hanya webmaster atau developer yang mampu melakukan update pada konten website statis. Umumnya website statis dibuat dengan menggunakan HTML dan CSS oleh developer yang memahami pemrograman atau coding.

2. Website Dinamis

Sebaliknya, website dinamis merupakan jenis website yang kontennya selalu di-update sesuai dengan schedule (jadwal). Pada umumnya website bersifat dinamis karena lebih mudah diatur daripada website statis. Website dinamis menampilkan kontennya dari database yang hanya dapat diakses oleh webmaster atau developer.

Namun meskipun begitu, website dinamis memungkinkan untuk memiliki beberapa user yang mampu melakukan update konten website tanpa perlu mengganggu desain web.

Baca juga: Manfaat Website Bagi Perusahaan

Nah, yang berikutnya ini adalah jenis website berdasarkan platform yang digunakan:

1. Content Management System

Metode pertama adalah cara yang paling populer, yakni menggunakan Content Management System (CMS). CMS merupakan perangkat lunak atau sistem yang digunakan untuk membuat dan mengatur konten dari website secara digital.

Anda dapat membuat website dengan cepat dan mudah menggunakan CMS. Ada beberapa CMS yang paling banyak digunakan untuk membangun sebuah website beberapa di antaranya adalah WordPress, Joomla!, Drupal dan CMS lainnya.

2. Website Builder

Website builder adalah platform yang membantu Anda untuk membuat website dengan cepat, tanpa harus memahami coding atau kemampuan desain sama sekali. Jenis website ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat website dalam waktu singkat, tidak mempunyai kemampuan teknis dan tidak memiliki waktu untuk mempelajarinya. Beberapa contoh website builder yang cukup populer di antaranya adalah Wix, Site Builder, dan Weebly.

Nah berikut tadi merupakan beberapa jenis website yang sangat penting untuk Anda ketahui. Jangan lupa Anda juga membutuhkan Aplikasi Website E-Office berkualitas yang hanya bisa Anda dapatkan di simara.id.

Simara akan membantu Anda untuk membuat dan mengarsipkan surat tanpa harus bergantung penuh pada kertas sebagai medianya. Simara berbasis online sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber: Indosmartdigital

Bagikan artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami