fbpx

Blog

android-app
Artikel Info

Mengenal Jasa Aplikasi Android dan Mengapa Itu Penting untuk Bisnis Anda

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, pertumbuhan bisnis ke arah digital semakin pesat. Ini tidak hanya terlihat dari semakin meningkatnya perusahaan yang memperluas sayap dengan memasarkan produknya secara online, tetapi juga meningkatnya penggunaan aplikasi mobil untuk berbisnis. Salah satu aplikasi mobil yang paling banyak digunakan saat ini adalah aplikasi Android. Tak heran jika jasa aplikasi Android sangat dibutuhkan saat ini.

Berdasarkan pengertiannya, aplikasi mobile atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mobile Apps merupakan perangkat lunak yang dibuat untuk perangkat bergerak seperti ponsel pintar, jam pintar, dan komputer tablet. Adapun aplikasi Android adalah aplikasi mobile yang hanya bisa digunakan oleh pengguna perangkat bergerak yang menggunakan sistem operasi Android.

Mengapa Menggunakan Aplikasi Android untuk Bisnis Anda?

Berdasarkan data tahun 2019, Android masih memegang klasemen teratas sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Android memegang sebanyak 51,8% dari total pengguna ponsel pintar dunia. Wajar jika banyak pebisnis melirik jasa aplikasi Android untuk mendukung usaha yang mereka jalankan.

Sebenarnya, apa saja keunggulan dan manfaat penggunaan aplikasi mobile bagi bisnis yang sedang Anda jalankan?

1. Sebagai Media Pemasaran Langsung

Salah satu kegunaan utama dari aplikasi Android adalah bagaimana keberadaannya bisa menjadi sumber informasi bagi pengguna sekaligus calon pelanggan Anda. Informasi yang sifatnya umum seperti harga, akun pengguna, messenger, hingga pemesanan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi. Pengguna juga tidak perlu lagi repot-repot pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain untuk melihat katalog, memesan, hingga melakukan pembayaran. Interaksi dengan pelanggan akan menjadi lebih mudah, simpel, dan efisien.

2. Memberikan Apresiasi Kepada Pelanggan Anda

Dengan menggunakan aplikasi Android, Anda bisa memanfaatkannya sebagai media digitalisasi program loyalitas. Lupakan kupon yang distempel manual. Anda bisa memberikan fasilitas poin untuk batas transaksi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi, sistem pencatatnya akan berjalan otomatis. Pemberian bonus dari poin loyalitas pelanggan juga akan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap layanan yang Anda berikan.

3. Membangun Brand Awareness

Salah satu fungsi penting lain dari aplikasi Android adalah membangun kesadaran publik atas brand Anda. Jika diibaratkan sebagai papan iklan kosong, Anda bebas memasukkan apa saja ke dalam aplikasi Anda. Sematkan fitur yang ciamik dengan desain yang menarik. Cari cara bagaimana pengguna bisa lebih sering terlibat dan terhubung dengan bisnis Anda. Dengan begitu, semakin cepat juga mereka akan membeli jasa atau produk yang Anda tawarkan.

4. Membantu Anda Terhubung dengan Pelanggan

Membangun hubungan dan meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan merupakan kunci penting menjaga loyalitas mereka. Anda dapat lebih mudah melakukannya lewat aplikasi Android. Misalnya dengan menyediakan fitur helpdesk atau live chat sehingga pelanggan dan konsumen potensial dapat menanyakan berbagai hal mengenai produk/jasa yang Anda jual secara langsung.

5. Membuat Bisnis Anda Stand Out

Aplikasi Android mungkin identik dengan bisnis-bisnis besar seperti e-commerce. Namun, bukan berarti pengusaha kecil tidak bisa mengambil ini sebagai peluang. Justru dengan menjadi yang pertama memiliki aplikasi Android sendiri, Anda bisa tampil lebih menonjol. Dengan begitu, orang akan langsung melihat ke bisnis Anda dibanding milik pesaing.

Baca juga: 7 Aplikasi Android Penunjang Performa Bisnis

Langkah-langkah Pembuatan Aplikasi Android

Untuk membuat aplikasi Android, ada beberapa alur atau langkah demi langkah yang harus dilewati. Ada setidaknya lima tahapan yang harus Anda lalui sebelum aplikasi bisa diluncurkan dan dipergunakan oleh pelanggan. Apa saja?

  1. Buat konsep. Konsep dari aplikasi Android yang ingin dibuat harus sejalan dengan bisnis Anda.
  2. Cari tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen potensial Anda. Apa saja yang kira-kira ingin mereka lihat dalam aplikasi Anda?
  3. Buat perencanaan dengan detail. Anda bisa mulai mencoret-coret dalam selembar kertas bagaimana kira-kira aplikasi tersebut akan digunakan nantinya.
  4. Setelah memilih apa saja fitur yang ingin dimasukkan, Anda mungkin akan menemukan beberapa poin yang kurang atau tidak penting. Temukan apa yang kira-kira bisa dihapus agar aplikasi tidak terlalu berat.
  5. Buat desain aplikasi. Desain bukan hanya tentang bagaimana estetika dari aplikasi Anda tapi juga kenyamanan penggunaannya.
  6. Temukan pengembang yang tepat untuk membuatnya.

Membuat aplikasi Android sendiri mungkin bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, untuk tujuan bisnis, Anda tentu harus menciptakan sebuah aplikasi yang profesional baik dari segi desain dan fungsinya. Karena itu, alih-alih mengerjakannya sendiri, serahkan saja urusan pembuatannya pada jasa aplikasi Android berpengalaman.

Sebagai penyedia solusi IT terbaik untuk bisnis Anda, Profio Teknova Indonesia memiliki tenaga pengembang aplikasi Android berpengalaman yang siap membantu pembuatan jasa aplikasi Android. Tidak usah terburu-buru, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami melalui nomor WhatsApp 0813-5857-7736

Sumber Gambar: Pixabay

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami