Blog

Artikel Info Teknologi

Perkembangan Teknologi Kecerdasan Buatan di Indonesia

Apa itu Kecerdasan Buatan?

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem atau bisa disebut juga AI (Artificial Intelligence). Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan kecerdasan buatan sebagai “kemampuan sistem untuk menafsirkan data eksternal dengan benar, untuk belajar dari data tersebut, dan menggunakan pembelajaran tersebut guna mencapai tujuan dan tugas tertentu melalui adaptasi yang fleksibel”.

Perkembangan AI di Indonesia

Teknologi AI di Indonesia tidak berada jauh dari genggaman tangan dan memiliki pertumbuhan yang cukup menjanjikan. Sebanyak 24,6 persen organisasi di Indonesia telah mengadopsi AI. Sementara itu Thailand berada di posisi kedua (17,1 persen), disusul oleh Singapura (9,9 persen) dan Malaysia (8,1 persen).

Tahun ini, Microsoft dan IDC Asia/Pasifik melakukan studi tentang adopsi AI di negara Kawasan Asia Pasifik (APAC), Future Ready Business: Assessing Asia Pacific’s Growth Potential Through AI dengan menyurvei 112 pemimpin bisnis dan 101 karyawan di Indonesia. Haris mengungkapkan bahwa terlepas dari potensi ekonomi yang mampu diraih Indonesia, hanya 14%. Karena hasil penelitian disebabkan adanya perbedaan pandangan antara pemimpin dan karyawan mengenai AI, dimana masih banyak pekerja yang memandang skeptis (tidak pasti) terhadap adopsi AI di Indonesia.

Berikut adalah contoh AI yang berada di Indonesia:

  1. Fitur email di Gmail

Google menggunakan AI untuk memastikan bahwa hampir semua email yang        diterima dalam kotak masukmu bersifat asli.

  1. Meningkatkan layanan sosial media

AI memudahkan pengguna untuk mencari dan berkomunikasi dengan teman dan rekan bisnis melalui sosial media .AI digunakan untuk membantu mencocokkan kandidat dengan pekerjaan dengan harapan dapat menciptakan kecocokan yang lebih tinggi antara bos dan karyawan.

  1. Navigasi dan travel

Penggunaan navigasi dalam kehidupan sehari-hari untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya berkaitan dengan AI, baik kamu menggunakan Google ataupun Apple Maps untuk navigasi serta saat kamu memesan ojek online hingga tiket pesat.

Kecerdasan buatan tidak lepas juga dari kelebihan dan kekurangannya, berikut adalah kelebihan dan kekurangan kecerdasan buatan atau AI:

Kelebihan:

  1. Bersifat permanen, tidak berubah (tergantung pada sistem komputer dan program).
  2. Cepat dan akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan (dalam sistem kerjanya).
  3. Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks.
  4. Penggunaan tanpa adanya batas waktu, ini karena AI tidak mengenal rasa lelah dan bosan.

Kekurangan:

  1. Kecerdasan yang ada pada Artificial Intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programer (terbatas pada suatu program)
  2. Tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut
  3. Tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada Artificial Intelligence tergantung pada sistem yang dibuat itu saja.

Sumber: http://tugasaninditanuraini.blogspot.com/2017/11/kelebihan-dan- kekurangan-artificial.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Kecerdasan_buatan

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami