fbpx

Blog

Artikel Info

Software House Surabaya, Solusi Jitu IT untuk Bisnis Anda

Revolusi industri 4.0 yang sedang berkembang di seluruh dunia merupakan sebuah pemantik yang membawa berbagai sektor industri untuk lebih melek teknologi. Persaingan yang semakin ketat mengharuskan para pebisnis untuk lihai dalam bekerja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan perangkat lunak yang bisa Anda dapatkan melalui software house Surabaya.

Apa Itu Software/Perangkat Lunak?

Software atau perangkat lunak merupakan istilah yang digunakan untuk menyebutkan data yang diformat serta disimpan secara digital. Termasuk di dalamnya adalah program komputer, aplikasi mobile, dokumentasi, dan berbagai data yang dapat ditulis dan dibaca oleh komputer. Secara ringkas, software adalah bagian dari komputer atau gawai yang tidak berwujud.

Penggunaan software kini semakin meluas seiring dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat. Salah satunya untuk para pebisnis. Sayangnya, masih banyak pengusaha yang belum benar-benar paham bagaimana kegunaan software untuk memudahkan bisnis mereka.

Kebanyakan pengusaha menganggap bahwa perangkat lunak hanya dapat digunakan oleh sektor-sektor tertentu saja. Padahal dengan berbagai ide kreatif, sesuatu yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya bisa terwujud dengan pengadaan software. Salah satu contoh nyata yang bisa kita lihat adalah bagaimana Go-Jek mewujudkan sistem sewa transportasi ojek dalam bentuk aplikasi.

Baca juga: Pentingnya Tahapan Penetration Test Pada Website dan Aplikasi Mobile

Manfaat Software untuk Bisnis

Salah satu tempat Anda bisa mendapatkan software berdasarkan kebutuhan bisnis adalah melalui software house Surabaya. Namun sebelumnya, ketahui terlebih dahulu apa manfaat perangkat lunak untuk bisnis Anda!

1. Menjadi Media Penyimpanan Data Tanpa Batas

Sebelum maraknya penggunaan software, banyak perusahaan melakukan segala tugas secara manual, termasuk untuk menyimpan data. Tidak heran jika map-map dan rak penyimpanan membuat ruang kantor menjadi sumpek. Penggunaan aplikasi dapat menghapuskan semua keruwetan itu dengan sistem penyimpanan data secara digital. Tidak hanya lebih rapi dan hemat ruang, pencarian data juga akan semakin mudah.

2. Menyederhanakan Proses Accounting

Selain menjadi media penyimpanan data perusahaan, ada juga perangkat lunak yang bisa Anda jadikan pengganti dari pembukuan manual. Dengan penggunaan software ini, Anda tidak lagi harus memeriksa tabel penjualan harian untuk mengetahui laba dan rugi. Cukup menghubungkannya dengan mesin kasir, keuntungan Anda hari itu langsung tampil di layar.

3. Meminimalisir Kesalahan

Dalam menjalankan bisnis, kesalahan input adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, risiko kesalahan semacam ini bisa diminimalisasi dengan penggunaan software. Seluruh data transaksi penjualan dapat tersimpan dengan baik. Anda bahkan bisa memperbaiki kesalahan transaksi dengan menggunakan perangkat lunak.

4. Memudahkan Dalam Pelacakan Produk

Dengan menggunakan perangkat lunak atau aplikasi, para pebisnis baik distributor, produsen hingga supplier akan semakin mudah melakukan pendataan dan pelacakan produk. Ini karena semua data ada di dalam software. Anda tidak harus melakukan pencarian secara manual. Hanya tinggal ‘klik’, informasi yang dibutuhkan sudah tersedia di depan mata. Tidak hanya itu, pengusaha juga dapat melacak item tertentu dan melakukan filter untuk melihat jumlah penjualan hingga penurunan dan kenaikan harga.

5. Meningkatnya Loyalitas Konsumen dan Mempertahankannya

Keberadaan aplikasi dan software juga bermanfaat untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Mengapa? Karena hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, mereka bisa mendapatkan semua yang mereka butuhkan dari perusahaan Anda.

Pelanggan Anda tidak perlu lagi melakukan pencarian di Google karena semua informasi terkait produk/jasa yang ditawarkan hingga pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan sekaligus dengan satu aplikasi. Lewat berbagai kemudahan ini, kesetiaan pelanggan terhadap produk Anda dijamin akan semakin meningkat.

6. Membantu Menganalisis Perilaku Pelanggan

Bisnis bukan hanya tentang bagaimana cara Anda mendatangkan pelanggan baru, tetapi bagaimana mempertahankan mereka agar tetap setia. Dengan menggunakan software, Anda bisa menyimpan data konsumen tetap termasuk informasi kontaknya. Data ini dapat Anda manfaatkan untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih personal. Anda juga bisa mengadakan promo khusus bagi pelanggan setia.

7. Membuat Bisnis Anda Terlihat Lebih Profesional

Bagi sebuah bisnis, profesionalisme adalah hal yang penting. Ini bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan penggunaan software dalam bisnis Anda. Menggunakan aplikasi dan perangkat lunak akan meningkatkan branding sekaligus kepercayaan konsumen potensial.

Di Mana Anda Bisa Memesan Software untuk Bisnis?

Profio merupakan salah satu software house Surabaya yang tepercaya. Sebagai software house, Profio siap membantu pengembangan perangkat lunak mulai dari merancang konsep hingga maintenance-nya sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Dengan memesan perangkat lunak pada Profio, Anda bisa mengatur sendiri fitur apa saja yang Anda butuhkan termasuk mengatur stok barang, mencatat nomor seri produk, sampai absensi karyawan. Meski Profio adalah software house Surabaya, kami siap melayani pembuatan perangkat lunak dari pengusaha di seluruh Indonesia. Untuk layanan konsultasi, silakan hubungi nomor WhatsApp 0813-5857-7736

Sumber Gambar: Unsplash

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami