fbpx

Blog

Artikel Info

Apa Saja Fitur Terbaru dari Windows 11?

Setelah sukses dengan Windows 10 yang diluncurkan pada tahun 2015 silam, Microsoft mengumumkan perilisan Windows 11. Selain berfokus menciptakan lingkungan kerja interaktif, sistem operasi terbaru ini diklaim sebagai teknologi masa depan terbaik yang akan memudahkan pengguna melakukan aktivitas dan meningkatkan produktivitas para pekerja modern yang membutuhkan fitur kolaborasi. Demi generasi terbaru, Microsoft rela mengeluarkan dana fantastis. Tak heran jika sistem operasi terbaru ini dibekali fitur menarik, termasuk perbaikan sistem dan perombakan tampilan UX.

Jadwal Rilis Microsoft Windows Terbaru

Sebelum resmi dirilis, Microsoft telah lebih dulu meluncurkan versi preview di bulan Juni 2021. Namun, versi preview hanya dapat diunduh oleh pengguna yang tergabung dalam Windows Indiser Program. Apabila tertarik, Anda bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi Windows Insider Program.

Rencananya, Windows terbaru akan dirilis pada akhir tahun 2021, sekitar bulan November – Desember dan akan berlanjut hingga tahun 2022. Windows juga menyediakan pembaruan sistem operasi untuk pengguna Windows 10 yang ingin melakukan upgrade Windows 11. Meskipun demikian, peningkatan gratis ini dilakukan secara bertahap dan bersifat opsional. Artinya, pengguna masih bisa menggunakan Windows 10 sampai Microsoft menghentikan dukungannya di tahun 2025.

Untuk menjalankan Windows terbaru, komputer harus memiliki spesifikasi minimum, yakni prosesor dual core 64-bit, CPU 1GHz, RAM 4GB, media penyimpanan 64GB, ukuran layar minimal 9 inci resolusi 720p (HD), serta telah mendukung sistem firmware UEFI Secure Boot, TPM (Trusted Platform Module) 2.0, WDDM (Windows Display Driver Model) 2.0, dan DirectX 12. Jika komputer yang Anda miliki kurang sesuai dengan spesifikasi minimum, maka cek kompatibilitas melalui aplikasi yang disediakan oleh Microsoft, PC Health Check.

Baca juga: QRIS, Solusi Pembayaran Mudah Masa Kini

Fitur Windows 11

Desain Baru

Microsoft membekali Windows terbaru dengan beragam fitur mumpuni dan sejumlah perubahan baru yang menjadi pembeda dari generasi sebelumnya. Pada Windows terbaru, Anda akan menemukan logo Windows yang tampak lebih luwes dengan sudut membulat dan desain antaramuka pengguna (UI) yang lebih minimalis. Desain UI ini dibuat dengan mempertimbangkan kemudahan dan kepraktisan pengguna. Berkat desain intuitif, kegiatan multitasking akan terasa lebih mudah. Anda bisa mengerjakan tugas kantor atau kuliah sembari menikmati alunan musik, membuka banyak file, maupun browsing.

Microsoft menyederhanakan antarmuka pengguna di banyak area sehingga tercipta ruang luas yang tampak bersih dan terkesan profesional. Tombol start maupun menu pada Windows terbaru berada di bagian tengah, mirip dengan UI MacOS. Namun, Anda bisa mengubah pengaturan tersebut. Berbeda dengan letak tombol start dan menu, ikon koneksi, baterai, dan jam masih berada di bagian kanan taskbar.

Tombol Start

Start menu Windows terbaru menggunakan Cloud yang akan menampilkan dokumen atau aplikasi yang paling sering digunakan. Tombol start ini juga memanfaatkan kecanggihan Microsoft 365. Cukup dengan mengklik tombol start, Anda bisa melanjutkan dokumen yang sebelumnya dikerjakan di perangkat iOS maupun Android dengan mudah. Windows terbaru juga mengganti Live Tiles dengan ikon sederhana penuh warna.

Lantaran didesain untuk menunjang kegiatan bermain, pembelajaran hybrid, maupun bekerja, Windows terbaru dibekali keamanan built-in berteknologi canggih yang telah mendukung Zero Trust. Sistem keamanan ini akan melindungi akses dan data Anda di seluruh perangkat. Microsoft juga menghadirkan Snap Layouts dan Snap Groups yang memungkinkan pengguna mengoptimalkan layar dan mengatur tata letak jendela serta aplikasi yang akan ditampilkan. Fitur ini memudahkan Anda mengakses beberapa jendela sekaligus dengan tampilan lebih sederhana dibandingkan pada Windows sebelumnya.

Aplikasi Obrolan

Tak hanya itu, Windows terbaru juga menyediakan aplikasi obrolan yang terpasang di taskbar sehingga memungkinkan pengguna berbagi teks, file, musik, dan video kepada keluarga, teman, atau rekan kerja melalui Microsoft Teams. Microsoft telah melakukan sejumlah penyesuaian Teams pada Windows terbaru untuk memudahkan Anda menonaktifkan mikrofon melalui area System Tray, mengirim dan menerima SMS, serta melakukan panggilan ke perangkat apa saja, termasuk Android dan iOS.

Berkat Quick Action, Anda bisa terhubung langsung ke perangkat Bluetooth, sambungan WiFi, konfigurasi mode fokus, ataupun aktivasi lampu malam. Sementara fitur Widget menyediakan akses mudah menuju kalender, foto, To Do, dan berita dari MSN. Didukung teknologi AI dan browser terbaik di kelasnya, Anda akan mendapatkan pengalaman menjelajahi dunia maya yang lebih menyenangkan.

Microsoft Store

Microsoft juga menghadirkan Microsoft Store dengan tampilan modern dan lebih cantik. Untuk memudahkan pengguna, Microsoft sengaja membuat fungsi maupun fiturnya lebih sederhana. Menariknya lagi, aplikasi Android hadir di Windows terbaru melalui Microsoft Store. Berkat kerja sama Microsoft dengan Amazon AppStore, Anda bisa mengunduh dan menjalankan game ataupun aplikasi Android tanpa perlu bantuan emulator.

Demikianlah informasi singkat mengenai fitur yang ditawarkan Windows terbaru. Secara keseluruhan, sistem operasi Windows 11 lebih terbuka dibanding pendahulunya. Yuk, bagikan informasi ini kepada orang lain supaya lebih bermanfaat!

Photo by Windows on Unsplash

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami