PT Pembangkitan Jawa-Bali (disingkat PT PJB) adalah sebuah anak perusahaan PLN BUMN produsen listrik yang menyuplai kebutuhan listrik di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Saat ini PT PJB mengelola 6 Pembangkit Tenaga Listrik di Pulau Jawa, dengan kapasitas total 6.511 Mega Watt. PT PJB juga mengelola sejumlah unit bisnis, termasuk unit pengelolaan, teknologi informasi, dan pengembangan. Kantor pusat PT PJB berada di Surabaya. PT. PJB Adalah perusahaan pertama di asia pasifik yang memiliki sertifikasi ISO 55001 (wikipedia)
Latar Belakang
Mitra:
PT. PJBIndustri:
BUMN, Pembangkit ListrikLayanan:
Sistem InformasiTantangan
Sebagai perusahaan Pembangkit berkelas dunia PT PJB berkomitmen untuk memaksimalkan kinerja bisnis dan organisasinya. Tak terkecuali pada proses perencanaan kerja dan anggaran perusahaan. Mulai tahun 2017 PT PJB merencanakan untuk membangun Sistem RKAP berbasis IT, yang dapat diakses oleh semua stakeholder yang berkaitan dengan Perencanaan dan Anggaran.
Dengan sistem tersebut, segala aktivitas perencanaan dapat didokumentasikan secara digital, dan diakses secara cepat melalui sistem 1 portal yang terintegrasi.
Solusi
Profio mencoba menjawab tantangan tersebut dengan mengembangkan sebuah solusi teknologi terkini berbasis web dengan terlebih dahulu melakukan penggalian informasi kondisi dan behaviour dari sisi pengguna sistem. Kami mengkolaborasikan corporate identity dari PT PJB sebagai base UI, dengan Laravel framework sebagai base project juga PostgreSQL sebagai database utama yang menghandle setiap aktivitasnya. Tidak hanya itu, kami tambahkan juga sistem integrasi Single Sign ON (SSO) dengan akun utama perusahaan sehingga para pengguna tidak perlu lagi mengingat banyak username dan password.
Hasil
Sistem RKAP yang selanjutnya dinamai I-Plan, di PT PJB telah beroperasi secara penuh sejak 2017 untuk melayani kinerja bisnis perusahaan dan mengawal visi utama perusahaan yaitu “Menjadi Perusahaan terpercaya dalam bisnis pembangkitan terintegrasi dengan standar kelas dunia”.
Selama beroperasi kami masih terus menerima beberapa feedback positif ataupun improvisasi fitur terkait aplikasi yang kami bangun. Demi menjaga (Service Level Agreement) SLA yang telah ditetapkan, kami berusaha untuk terus berkomunikasi dengan tim IT PT PJB dan terus mengawal keberhasilan penggunaan sistem IPLAN di lingkungan PT PJB.