fbpx

Blog

Artikel Tips & Trik

Cintai Alam dengan Mengurangi Sampah Plastik

Sampah plastik merupakan permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Plastik merupakan produk serbaguna, ringan, fleksibel, tahan kelembaman, kuat, dan relatif murah. Berbagai kemudahan tersebut menyebabkan masyarakat lebih memilih menggunakan produk berbahan baku plastik. Namun tanpa disadari, karakter dasar plastik ditambah penggunaannya yang tidak dapat dikendalikan menyebabkan kerusakan lingkungan.

Telah banyak himbauan dan aturan berkaitan tentang pengurangan penggunaan plastik yang dilakukan pemerintah. Namun hasilnya masih belum terlihat hingga sekarang. Memprihatinkan bukan? Jadi, jika Anda ingin anak-cucu di masa depan bisa menikmati kehidupan dengan lingkungan yang lebih sehat dan bersih, maka mulailah peduli terhadap lingkungan dengan salah satunya mengurangi penggunaan plastik. Ini dia beberapa tips sederhana yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari guna mengurangi penggunaan plastik:

Belajar Mendaur Ulang

Jika tidak mau banyak sampah plastik semakin menumpuk di rumah atau di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal, kenapa tidak sekalian saja dimanfaatkan untuk digunakan kembali alias didaur ulang? Tidak hanya membantu mengurangi volume sampah plastik di lingkungan tempat tinggal, Anda juga bisa jadikan sebagai lahan bisnis baru. Contohnya kita bisa mendaur ulang plastik menjadi tas seperti gambar di atas. Tas tersebut bisa Anda bawa ketika berpergian, terutama saat sedang berbelanja.

Membawa Kotak Makan dan Botol Air Minum Sendiri

Selain membawa tas belanja, untuk mengurangi sampah plastik, ada baiknya juga selalu membawa kotak makan dan botol minum yang dapat digunakan kembali. Daripada harus memesan makanan dengan plastik sebagai wadah, lebih baik Anda membawa bekal makanan sendiri dengan menggunakan kotak makan. Selain lebih hemat pengeluaran, Anda pun dapat mengurangi sampah plastik. Setelah bekal makan siang Anda habis pun, wadah bekal masih bisa digunakan berulang kali daripada menggunakan styrofoam, kardus kotak makan, kertas nasi, atau wadah plastik yang hanya sekali pakai. Cara yang satu ini bukan hanya mengurangi sampah plastik tapi juga dapat membuat Anda terhindar dari bakteri dan virus berbahaya yang berpotensi terdapat pada kemasan makanan atau minuman yang dijual di pasaran.

Baca juga: Digitalisasi Arsip dalam Mengelola Dokumen

Mulai Menggunakan Sistem Manajemen Persuratan Digital

Kegiatan surat-menyurat merupakan salah satu aktivitas di instansi dan perusahaan yang membutuhkan banyak kertas dan tentunya juga menggunakan banyak kemasan plastik dalam hal pengiriman. Beralih menggunakan sistem manajemen persuratan digital merupakan solusi yang efektif untuk dapat meminimalisir penggunaan plastik.

Simara salah satunya. Simara adalah aplikasi e-office masa kini berbasis web yang berfungsi mempermudah proses persuratan dalam dan luar instansi secara aman, hemat dan cepat.

Nah itulah beberapa tips dalam mengurangi penggunaan sampah plastik. Meskipun sederhana, jika Anda melakukannya secara terus-menerus maka akan memberikan dampak positif. Mulai saat ini, mari kurangi penggunaan sampah plastik untuk perubahan lingkungan yang baik. Gunakan seperlunya dan jangan berlebihan.

Sumber: Hipwee | cermati.com | tribunnews.com

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami