fbpx

Blog

information system
Artikel Info

7 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi Bergaji Tinggi

Dalam beberapa tahun terakhir, jurusan di bidang ilmu komputer menjadi primadona di kalangan generasi muda. Alasannya, jurusan yang berkaitan dengan ilmu komputer menjanjikan karier dengan gaji sangat menggiurkan. Pilihan jurusan yang bisa didapatkan terkait dengan ilmu komputer juga sangat beragam. Salah satunya adalah jurusan sistem informasi (SI).

Lulusan sistem informasi memiliki keahlian yang cukup kompleks. Mereka tidak hanya memiliki bekal kemampuan berkaitan dengan ilmu komputer. Namun, semasa menjalani masa perkuliahan, mahasiswa jurusan sistem informasi juga mendapatkan pembekalan ilmu tentang manajemen serta bisnis. Dengan kemampuan tersebut, alumni jurusan SI dapat membangun sistem komputer yang sesuai kebutuhan bisnis.

Bekal kemampuan alumni jurusan SI tersebut mendorong peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan potensi gaji tinggi. Tidak hanya punya peluang mendapat gaji besar, lulusan SI juga banyak dicari oleh perusahaan. Dari sekian banyak posisi, berikut ini adalah 7 prospek kerja menjanjikan dengan gaji wah dari seorang alumni SI:

1) Web Programmer

Prospek kerja menjanjikan pertama dari seorang lulusan SI adalah sebagai web programmer. Tugas seorang web programmer adalah membangun kode program sebuah website lengkap dengan akses menuju ke database. Dalam menjalankan tugasnya, web programmer menguasai bahasa pemrograman seperti Ruby, PHP, Javascript, MySQL, dan sebagainya.

Kebutuhan terhadap tenaga web programmer sangat tinggi. Apalagi, di tengah meningkatnya bisnis startup dalam beberapa tahun terakhir. Melalui kemampuannya, web developer mampu membangun website sesuai dengan tingkat kebutuhan bisnis.

2) System Analyst

Peluang sebagai system analyst juga jadi tawaran sangat menggiurkan untuk lulusan jurusan sistem informasi. Keberadaannya sangat sentral dalam sebuah perusahaan modern. Apalagi, tugasnya sangat luas, mencakup proses analisis, perancangan, serta implementasi sistem IT perusahaan.

Tanggung jawab seorang system analyst memang tidak banyak berkaitan dengan kode bahasa pemrograman. Meski begitu, tenaga system analyst harus punya kemampuan dasar di bidang IT. Selain itu, system analyst juga mampu dalam mengelola administrasi sistem, analisis bisnis, ataupun manajemen proyek.

3) UI Designer

Prospek kerja dari lulusan jurusan sistem informasi selanjutnya adalah sebagai tenaga UI atau user interface designer. Tugas utamanya adalah mendesain tampilan dari aplikasi website ataupun mobile sehingga terlihat menarik. Tampilan tersebut mencakup pemakaian warna, desain tulisan, tipografi, menu, dan sebagainya.

Biasanya, kehadiran UI designer diperlukan ketika sebuah perusahaan tengah mengerjakan prototype aplikasi atau website. Dalam pengerjaannya, UI designer pun kerap melakukan kolaborasi dengan UX designer yang bertanggung jawab pada upaya meningkatkan user experience pemakaian aplikasi.

Baca juga: Tidak Bias, Ini Perbedaan UI/UX Designer

4) Database Administrator

USNews.com menyebut database administrator sebagai salah satu profesi paling dibutuhkan perusahaan dan punya tawaran gaji terbaik. Keberadaannya pun berperan sentral bagi perusahaan yang menawarkan bisnisnya di dunia digital.

Seorang database administrator punya tanggung jawab dalam mengelola serta memastikan kemudahan akses data perusahaan. Biar tanggung jawab itu berjalan dengan baik, database administrator kerap dilibatkan dalam perancangan sistem keamanan database perusahaan.

5) Quality Assurance

Profesi selanjutnya yang dapat dipilih lulusan jurusan SI adalah sebagai tenaga quality assurance (QA). Seorang tenaga QA melakukan pekerjaannya lewat kolaborasi dengan software developer. Berkat tenaga QA, perusahaan dapat merilis produk software berkualitas ke publik.

QA bertugas untuk memastikan bahwa software tidak memiliki berbagai problem yang mengganggu kenyamanan, seperti bug, freeze, dan semacamnya. Melalui keberadaan QA, perusahaan pun dapat memperoleh efisiensi dalam proyek pengerjaan sebuah software dan sekaligus meningkatkan kepuasan pengguna.

6) Quality Control

Mungkin banyak yang kebingungan dengan pengertian antara quality assurance dengan quality control (QC). Keduanya memang memiliki tanggung jawab yang mirip. Hanya saja, terdapat perbedaan yang cukup mencolok antara kedua profesi di bidang teknologi informasi ini.

Kalau QA bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk software bekerja dengan baik sebelum dirilis ke publik. Sementara itu, profesi QC memiliki tugas untuk memonitor kualitas produk yang telah dirilis oleh perusahaan. Seorang QC memastikan bahwa software memiliki standar yang terjaga sehingga tidak mengganggu kenyamanan para pengguna.

7) Project Manager

Prospek kerja menjanjikan selanjutnya dari alumni sistem informasi adalah sebagai project manager. Bagi perusahaan, peran project manager memiliki tanggung jawab penuh atas sebuah proyek yang tengah ditangani. Keberadaannya dapat menentukan tingkat keberhasilan dari sebuah proyek.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang project manager perlu memastikan bahwa proyek dapat diselesaikan sesuai deadline. Di waktu bersamaan, project manager juga perlu disertai dengan kemampuan melakukan perhitungan anggaran. Tidak ketinggalan, project manager juga wajib memiliki kemampuan leadership bagus.

Nah, itulah 7 prospek kerja menjanjikan dan bergaji tinggi yang bisa didapatkan oleh para lulusan jurusan sistem informasi. Peluang kerja tersebut dapat Anda manfaatkan kalau dibarengi dengan kemampuan yang memadai.

Semoga bermanfaat, ya.

Sumber Gambar: Pixabay

Bagikan Artikel ini:

WhatsApp Konsultasikan di nomor Whatsapp Kami